Monday, August 12, 2013

Manfaat Madu Bagi Tubuh Manusia


Selama berabad-abad madu dikenal sangat memiliki banyak manfaat. Bahkan ratu mesir Cleopatra yang terkenal dengan kecantikannya selalu mencampurkan madu di bak mandi untuk menjaga kecantikan.  Khasiat madu tak hanya untuk kecantikan kulit saja, namun juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.  Berikut ini adalah berbagai manfaat madu bagi tubuh manusia:
Madu sebagai pengganti gula yang sehat. Madu sering digunakan sebagai pemanis makanan atau minuman alami. Madu yang ditambahkan dengan susu akan meningkatkan rasa dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.  Madu juga nikmat dinikmati bersama roti bakar ataupun eskrim.
Baik untuk diet. Bagi Anda yang ingim memulai diet sehat, madu bisa menjadi pilihan yang tepat dalam program diet Anda. Segelas air hangat yang ditambah sesendok teh  madu dan lemon adalah minuman sehat di pagi hari. Karena sifat madu yang dapat mengikis lemak tanpa mengurangi energi, sementara gula alami pada buah lemon mencegah Anda dari rasa kelelahan ketika beraktifitas.
Sebagai anti bakteri. Menelan 1-2 sendok makan madu dapat mengurangi sakit tenggorokan, ia membantu menyingkirkan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Madu juga berfungsi sebagai obat penolong pertama pada luka bakar atau luka lainnya, ia dapat menghambat bakteri dan membanru menjaga luka agar tetap bersih. Sifat anti bakterinya berfungsi sebagai anti inflamasi, mengurangi pembengkakan dan rasa sakit serta dapat mempercepat penyembuhan. Sifat anti-bakteri pada madu dapat pula berfungsi untuk memperbaiki sistem pencernaan, sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Rutin memberikan asupan madu dua sendok sehari kepada anak akan menambah energi ekstra sepanjang hari. Energi yang berasal dari madu murni juga bermanfaat membantu sirkulasi darah dengan membentuk darah yang dibutuhkan tubuh sekaligus dapat membersihkan darah.
Menghindari dan menghilangkan Jerawat. Karena sifatnya yang anti bakteri, madu dapat mengatasi kulit sensitif dan mengatasi jerawat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan madu mentah atau mau yang belum diolah. Karena madu mentah memiliki enzim aktif yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Enzim ini akan mati ketika madu telah melalui proses pemanasan untuk menjadi madu yang siap dikonsumsi.
Madu memiliki karsinogen. Madu memiliki sifat karsinogen yang dapat mencegah dan mengurangi pembentukan tumor atau kanker.

Menjaga elastisitas kulit. Terapkanlah madu ke wajah selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air hangat. Maka, kulit wajah anda akan terasa lebih lentur dan segar.

Kilau alami rambut. Mencuci rambut dengan dua sendok madu yang ditambahkan dalam air hangat, sebelum dicuci secara menyeluruh bisa berkhasiat menambah kemilau alami rambut.
Menenangkan syaraf. Sebelum tidur, tak ada salahnya kita meregangkan syaraf dengan mencampur satu atau dua sendok the madu ke dalam secangkir teh chamomile. Niscaya Anda akan merasa lebih rileks dan tidur akan lebih nyenyak

No comments: